Bandeng bakar kemiri

By

Bandeng bakar kemiri

Bandeng merupakan salah satu ikan favorit yang banyak di olah menjadi masakan ikan yang lezat. Masakan bandeng juga bisa di olah dengan berbagai cara dan juga bumbu. Sehingga bandeng bisa menjadi masakan yang bisa menggugah selera, terlebih lagi bandeng memang memiliki daging yang empuk.

Bandeng bakar kemiri

Setelah kemarin saya memberikan resep bandeng asam, kali ini saya akan berikan resep bandeng bakar dengan bumbu kemiri. Lebih lengkapnya kita simak saja langkah demi langkah untuk membuatnya berikut ini.

Bahan yang diperlukan
Satu ekor bandeng dengan berat kurang lebih 350 gram, setengah butir jeruk nipis diambil airnya, 2 batang serai iris bagian putihnya, 2 lembar daun salam diremas-remas, 2 siung bawang putih, 10 butir kemiri, 1/2 sendok teh merica butir, 2 sendok teh garam, setengah sendok teh gula pasir, 3 sendok makan minyak untuk menumis.

Langkah membuat bandeng bakar

  1. Bersihkan ikan bandeng kemudian saya bagian perutnya, lumuri bagian dalam perut bandeng dengan air perasan jeruk nipis dan masukkan serai dan daun salam ke dalamnya.
  2. Haluskan bawang putih kemiri merica garam dan gula pasir.
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum. Angkat.
  4. Oleskan bumbu tumis secara merata ke ikan bandeng lalu bakar ikan bandeng sambil sesekali diolesi sisa bumbu tumis sampai ikan benar-benar matang.
  5. Angkat dan sajikan.
Bagi bunda yang bosan dengan olahan ikan bandeng yang begitu-begiti saja, mungkin resep ini bisa menambah variasi untuk memasak bandeng di dapur anda.