Balado ikan asin bulu ayam yang nikmat

By

Balado ikan asin bulu ayam yang nikmat

Bunda sedang bingung dengan menu makan yang akan disajikan untuk keluarga hari ini??. Kalau keluarga bunda suka dengan ikan asin, mungkin resep balado ikan asin bulu ayam ini bisa membantu anda untuk membuat masakan yang bisa di suguhkan sebagai lauk makan untuk keluarga tercinta. Walaupun dengan ikan asin, namun dengan resep ini bunda bisa menjadikan ikan asin yang spesial, hingga bisa menambah selera makan keluarga.

Balado ikan asin bulu ayam yang nikmat

Untuk membuat balado ikan asin bulu ayam caranya juga sangat mudah dan gampang seperti halnya membuat asam padeh ikan mas yang sebelumnya telah saya ulas resepnya untuk anda. Hingga resep ini tidak akan merepotkan bunda di dapur nanti. Untuk membuatnya, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Bahan

250 gram ikan asin bulu ayam.
100 gram tempe.
Minyak secukupnya untuk menggoreng.
1 sdm margarin untuk menumis.

Bumbu tumbuk kasar

7 buah bawang merah.
3 siung bawang putih.
20 buah cabai merah keriting.
1 buah tomat, di kupas kulitnya.
1 sdt garam.
1 sdt gula pasir.

Bumbu lain

1 lembar batang serai. Memarkan.
2 lembar daun salam.
2 cm lengkuas. Memarkan.
100 ml air.

Cara membuat balado ikan asin bulu ayam

  1. Sebelum memasaknya, rendam terlebih dahulu ikan asin dalam air hangat selama 15 menit. Cuci ikan asin hingga bersih, kemudian tiriskan. Goreng ikan asin hingga kering. Angkat dan sisihkan.
  2. Potong dadu tempe yang telah disiapkan, lalu goreng hingga setengah matang. Angkat dan sisihkan.
  3. Panaskan 2 sdm minyak dan margarin. Tumis bumbu yang ditumbuk kasar, daun salam, serai, juga lengkuas hingga bumbu harum dan matang. Tambahkan air, aduk hingga tercampur merata dan mendidih.
  4. Masukan tempe goreng dan ikan asin. Aduk-aduk sebentar. Angkat dan sajikan.


Resep ikan bulu asin di atas untuk 4 orang, jadi apabila bunda ingin membuat lebih, bunda cukup menambahkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat masakan sederhana namun lezat itu. Semoga resep balado ikan asin bulu ayam ini bisa menambah variasi menu makan untuk keluarga bunda. Selamat mencobanya ya bunda..