Bawal bakar sambal kecap

By
Ikan bawal akan terasa lebih nikmat bila di bakar atau di panggang, terlebih dengan bumbu kecap akan terasa lebih sedap. Olahan bawal bakar ini akan lebih terasa istimewa dibandingkan dengan cara di goreng.

Bawal bakar sambal kecap

Bagi bunda yang ingin membuat bawal bakar bumbu kecap, berikut akan saya bagikan resep dan cara membuatnya. Untuk membuat olahan bawal yang perlu bunda siapkan selain ikan bawa, juga bahan-bahan sebagai berikut.

Bumbu halus
10 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 6 cabe merah keriting, 1 cm jahe, 3 cm kunyit dibakar, 3 butir kemiri disangrai, 3 batang serai dimemarkan, 5 lembar daun jeruk, 1 sendok teh garam, 2 sendok makan gula merah diiris, 250ml air, 11/2 sendok makan air asam jawa.

Sambal kecap
1 buah tomat dipotong kecil 5 butir bawang merah diiris tipis 5 buah cabe rawit merah diiris tipis 5 sendok makan kecap manis.

Cara membuatnya

  1. Bersihkan ikan bawal kemudian lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 10 menit lalu bilas dan sisihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu,serai dan daun jeruk sampai harum
  3. Masukkan garam dan gula merah lalu aduk rata.
  4. Tuangkan air, masak hingga mengental kemudian angkat.
  5. Lumuri ikan bawal dengan bumbu tumis dan air asam jawa, dan diamkan selama 30 menit hingga bumbu meresap.
  6. Bakar ikan sambil dibolak-bali, dan olesi kembali sisa bumbu hingga ikan benar-benar matang, lalu angkat.
  7. Campur semua bahan sambal kecap, dan tuangkan diatas ikan bakar.
Selain untuk lauk makan keluarga, resep ini juga sangat cocok untuk acara bakar-bakar ikan di malam pergantian tahun bersama teman, saudara maupun kerabat. Di pastikan acara akan lebih meriah dengan resep bawal bakar bumbu kecap ini.