Masak bandeng bumbu bali

By

Masak bandeng bumbu bali

Kandungan gizi dan protein yang ada didalam ikan bandeng sangatlah baik untuk tubuh kita. Jadi ikan bandeng sangat di sarankan untuk di komsumsi guna memenuhi gizi yang diperlukan. Jadi selain rasa daging ikan bandeng yang lezat, manfaat yang terkandung dalam ikan ini juga sangat baik.

Masak bandeng bumbu bali

Ikan bandeng sendiri bisa di masak dengan berbagai cara, salah satunya dengan resep yang akan saya berikan berikut ini yaitu masak bandeng bumbu bali. Untuk membuat resep ini sama mudahnya dengan resep bandeng bakar kemiri yang sudah saya tulis sebelumnya. Hanya saja, cara pengolahan dan bumbu yang di pakai berbeda. Lebih lengkapnya, kita ikuti saja cara membuat bandeng bumbu bali berikut ini untuk 6 orang.

Bahan
3 ekor ikan bandeng kurang lebih 1 kg.
2 butir jeruk nipis di ambil airnya.
1 sendok teh garam.
Minyak untuk menumis dan menggoreng.

Bumbu halus
6 butir bawang merah.
4 siung bawang putih.
6 buah cabe merah besar buang bijinya.
3 cm jahe 2 sendok makan kecap manis.
2 sendok teh gula pasir.
1 sendok teh garam.
100 ml air.

Cara membuatnya

  1. Bersihkan ikan bandeng, kemudian dipotong menjadi 2 bagian lalu lumuri dengan air jeruk nipis dan juga garam. Selanjutnya diamkan selama kurang lebih 20 menit, bilas dan goreng dalam minyak panas hingga matang angkat dan tiriskan. 
  2. Panaskan minyak goreng tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan kecap manis, gula pasir, garam, dan air. Aduk rata hingga kuah mengental, masukkan ikan bandeng goreng. Masak sebentar sambil diaduk.
  3. Angkat dan sajikan.

Baca juga:
Resep memasak bandeng asam pedas
Balado teri kentang pedas kriuk

Sangat mudah kan bunda?. Nah, semoga resep bandeng bumbu bali ini bisa menambah variasi masakan anda untuk disajikan kepada keluarga tercinta di rumah.